Jumat, 04 Maret 2011

CARA MENGHITUNG KALORI DENGAN KG

Artikel yang berkaitan dengan kata kunci: 'cara menghitung kalori dengan kg'

Mengendalikan bobot tubuh memang susah-susah gampang.  Bagi sebagian orang, sepertinya kurang praktis bila musti hitung-hitungan kalori setiap kali hendak mengunyah makanan. Mereka biasanya menjadikan celana sebagai patokan. Jika celana sudah terasa sesak, maka asupan kalori makanan sudah mulai harus diatur. Tapi, ada juga orang-orang yang menginginkan pengurangan berat badan dengan menghitung kalori.
Berat badan Anda (kg) x  2,2 (pound/kg) x 12 = kalori yang dibutuhkan (kal)
Misalnya berat badan Anda 50 kg. Maka kalori yang dibutuhkan tubuh Anda adalah 50 x 2,2 x 12 = 1320 kalori
Nah, untuk menurunkan berat badan Anda sebesar 1 pound atau 0,453 kg setiap pekan, maka Anda perlu mengurangi 500 kalori per hari. Sementara untuk menurunkan berat badan sebesar 2 pound atau 0,9 kg setiap pekan, maka Anda musti mengurangi 1000 kalori per hari.
Tapi menurut ahli diet dari Nutrition Communication from the Friedman School of Nutrition Science and Policy at Tufts University, Wright Brierley, M.S., R.D pengurangan berat badan sebaiknya tidak lebih dari target pengurangan 1200 kalori per hari atau 2 kg per minggu. dengan target itu akan sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan target juga agak sulit untuk bisa dipenuhi secara konsisten. Nah tentunya perlu kreativitas dan kepandaian untuk mencampur dan mencocokkan pilihan menu sarapan, snack, makan siang, dan makan malam, agar mencapai jumlah kalori yang pas.
Berikut ini contoh pengaturan kalori yang bisa diikuti:

1. Sarapan untuk 300 – 350-kalori, misalnya sepotong Banana-Bran Muffins yang mengandung 320 kalori.
2. Kue untuk 250 kalori atau kurang, misalnya popcorn keju
3. Makan siang 325 sampai 400 kalori, misalnya Broccoli-Cheese Pie yang mengandung 365 kalori
4. 500 kalori makan malam, misalnya pizza jagung asap dan kacang hitam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar